Pemberian Sepeda Motor Kepada Guru Daerah Terpencil Warnai Hari Guru Nasional di Rantauprapat

RANTAUPRAPAT, ML : Pemberian dua unit sepeda motor dari Keluraga dr Tigor Panusunan Siregar SpPD kepada guru yang mengajar di daerah terpencil, yakni Atan Arbi, Guru pada SD Negeri Suka Dame, Kecamatan Panai Hilir dan Elina, Guru SD Swasta Cinta Maju, Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah mewarnai peringatan Hari Guru Nasuional (HGN) dan HUT PGRI ke-67 yang berlangsung di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Senin (26/11-12). Sementara satu unit lagi diberikan kepada guru idola/favorit, yakni Selamat SPd, guru pada SMP Negeri 3 Bilah Hulu.

Penyerahan sepeda motor itu langsung diberikan oleh Bupati dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dan dr Hj Fitra Laila TP Siregar SpTHT, sementara satu unit diberikan kepada guru idola/favotrit diserahkan oleh Wakil Bupati Suhari Pane SIP yang didampingi oleh Kadis Pendidikan Drs Iskandar, Ketua PGRI Drs Muhammad Yusuf Rangkuti MPd, Ketua Dewan Pendidikan Ngampuni Tarigan SPd, Ketua Dewan Riset Drs Hasballah Basyah dan para sesepuh pendidikan Labuhanbatu.

Bupati Tigor Panusunan Siregar mengatakan, pemberian sepeda motor itu tidak bermaksud apa-apa, selain sebagai motivasi bagi mereka yang mengajar di daerah terpencil. Kita ketahui, kata Tigor, pengabdian seorang guru tidak hanya dilihat dari besar kecilnya gaji yang mereka terima, tetapi bagaimana dedikasi yang mereka berikan kepada anak didik khususnya dan dunia pendidikan umumnya.

Ke depan, tambahnya, Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan akan memformulasikan bagaimana caranya agar guru tidak menumpuk di perkotaan, tetapi bagaimana mereka dengan suka rela mau mengabdi di daerah pesisir dan pegunungan. “Kita akan terus berupaya agar pendistribusian guru merata di setiap daerah, baik itu di pesisir pantai, daerah pegunungan maupun di daerah perkotaan”, ungkap Tigor.

Pada bagian lain Tigor mengatakan, Pemkab Labuhanbatu telah berhasil menjalin kerja sama dengan USAID PRIORITAS selama 5 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran. Pemkab Labuhanbatu yang secara teknis dikelola oleh Dinas Pendidikan telah melaksanakan berbagai pelatihan peningkatan kompetensi guru.

Pemkab Labuhanbatu, tambahnya, juga telah membangun sarana dan prasarana pendidikan seperti penambahan unit sekolah baru (USB) SMA Negeri I Bilah Barat, USB SMP Negeri 3 Panai Hulu, SD Negeri Gerak Tani Kecamatan Bilah Hilir, pembangunan ruang kelas baru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, perpustakaan sekolah dan rehabilitasi ruang kelas, pengadaan meubelair sekolah dan pengadaan alat peraga pembelajaran.

Ketua PGRI Drs Muhammad Yusuf Rangkuti MPd mengatakan, thema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2012 dan Hari Ulang Tahun ke-67 PGRI adalah “memacu profesionalisme guru melalui peningkatan kompetensi dan penegakan kode etik”. Tema ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada berbagai pihak, bahwa peningkatan kompetensi guru dan penegakan kode etik adalah langkah penting untuk memacu profesionalisme guru dalam pembangunan karakter bangsa.

Pelaksanaan kode etik secara konsekuen ini akan menjadi sejarah baru dalam kehidupan guru di Indonesia, sebagai upaya mewujudkan guru yang professional, sejahtera, terlindungi dan bermartabat. Para guru pasti akan merasa bangga dan terlindungi, jika dalam pelaksanaan kode etik ada pelanggaran, guru tidak dibenarkan langsung dilaporkan kepada pihak yang berwajib, tetapi kepada Dewan Kehormatan Guru (DKG). “PGRI sesuai amanat UU Guru dan Dosen telah berhasil membentuk DKGI yang akan menegakkan kode etik sampai tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dan siap bekerja dengan baik”, kata Yusuf Rangkuti.

Ketua Panitia Amri SPd mengatakan, kegiatan HGU dan HUT PGRI ke-67 serta HUT Dasawarsa Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) tahun 2012 diikuti oleh guru-guru dari sembilan kecamatan di kabupaten Labuhanbatu dari tingkat SD/MIN, SMP/MTS, SMA/MAN, SMK dan pengawas sekolah. Rangkaian kegiatan meliputi pemilihan guru favorit, seminar, pertandingan olah raga dan gerak jalan santai dan lucky draw.

Selesai pemberian hadiah kepada para pemenang lomba dan pertandingan dilanjutkan dengan hiburan yang berlangsung meriah. Tampak seluruh guru tumpah ruah memenuhi lapangan Ika Bina berbaur dengan Bupati dan Wakil Bupati serta Unsur Muspida berdendang ria sampai pukul 12.00 Wib.

Hadir pada acara itu Dan Dim 0209 Letkol Inf Dwi Bagus Nugraha, Ketua DPRD Hj Ellya Rossa Siregar SPd, Plt Sekdakab H Ali Usman Harahap SH, Ketua Tim Penggerak PKK dr Hj Fitra Laila TP Siregar SpTHT, Asisten Pemerintahan Drs Sarbaini, para Kepala SKPD, Ketua KNPI dan ratusan guru se Labuhanbatu.(AR).

Sumber: http://labuhanbatukab.go.id/

Pos ini dipublikasikan di IBU DAN ANAK. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s