Guru: Profesionalisme Dan Kompetensi Adalah Harga Mati

Guru: Profesionalisme Dan Kompetensi Adalah Harga Mati

Oleh: Muhammad Arif

Definisi profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau ciri orang yang profesional. Kata profesional berarti bersifat profesi, memiliki keahlian dan keterampilan karena pendidikan dan latihan, beroleh bayaran karena keahliannya itu (Kamus Kata-Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia, J.S. Badudu ). Profesionalisme secara epistimologis berarti melakukan pekerjaan sesuai dengan kriteria profesi.

Profesionalisme jabatan guru tidak bersifat statis, tetapi dinamis. Implikasi dari hal ini adalah guru perlu senantiasa  meningkatkan kompetensinya. Untuk menjaga profesonalisme, setiap guru harus selalu mengembangkan kompetensinya. Bagi guru, standar kompetensinya telah ditetapkan dalam Standar Pendidikan Nasional, yaitu kompetensi kepribadian, profesional, kependidikan/akademik, dan sosial. Kesemua kompetensi tersebut merupakan kesatuan yang utuh yang harus dimiliki oleh semua guru.

Berbagai macam cara pun dapat dilakukan oleh guru untuk mencapai standar kompetensi tersebut, diantaranya melanjutkan pendidikan, gemar membaca, melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dan sebagainya. Sesungguhnya, yang dibutuhkan oleh guru adalah kemauan yang kuat untuk menjadikan profesi guru sebagai profesi yang dihargai dan sejajar dengan profesi lainnya. Dalam hal ini, guru harus mampu membuktikan bahwa profesinya layak untuk dihargai dan dihormati.

Kode etik guru juga merupakan hal yang mutlak diimplementasikan oleh para guru. Dalam Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) diatur norma guru dalam hubungannya dengan 7 pihak, yaitu hubungan guru dengan peserta didik, orangtua atau wali murid, masyarakat, sekolah dan rekan sejawat, profesinya, organisasi profesi guru, dan pemerintah. Untuk itu, mari kita sambut pembentukaan Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) dengan gembira dan besar harapan kita dapat mengayomi dan melindungi guru.

Selamat HUT PGRI ke 67 Untuk Guru Indonesia

Sumber: http://www.kompasiana.com/marifromadoni

HUT PGRI
Download Tertib Upacara HUT PGRI Klik disini
Download KERANGKA ACUAN HUT PGRI Klik Disini
Download SAMBUTAN KETUM PGRI TENTANG HUT PGRI Klik Disini
Download Contoh DOA UPACARA HUT PGRI Klik Disini
Download SEJARAH PGRI Klik Disini
Download Kode Etik Guru KLIK DISINI
Download Sejarah HUT Guru di Berbagai Negara Klik disini

Pos ini dipublikasikan di INFO TERBARU dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s