Tahun Baru Hijriah, Mengapa?

Tahun Baru Hijriah bertepatan dengan 1 muharram merupakan sejarah yang tidak dapat dilupakan oleh setiap muslim. Sebagaimana diketahui bahwa penamaan tahun sebelum nabi hijrah ke madinah selalu dinamakan akibat adanya peristiwa besar- Tahun Gajah, Tahun Kenabian.

Tahun Baru hijriah diawali ketika Nabi Muhammad SAW mengadakan hijrah(berpindah) dari mekkah menuju madinah yang bukan bertujuan untuk menghindar dari perjuangan menegakkan agama Allah SWT di Mekkah. Nabi Muhammad SAW berhijrah ke madinah (Yatsrib) untuk melanjutkan misi dakwah. Sesampainya dimadinah ada beberapa hal yang langsung dilakukan Nabi yaitu: membangun Mesjid, mempertemukan/mediator suku Aus dan suku Hajrat, menjadi tokoh yang berperan dalam Piagam Madinah, membuat pasar, melakukan sensus, memperbaiki sebutan Kota Yatsrib (kecam-mengecam-pen) menjadi Madinah Almunawwarah (yang berarti tempat peradaban).

Tahun baru hijriah saat ini bukan lagi berhijrah dalam arti fisik tetapi berhijrah dari keadaan yang tidak baik menuju kepada kebaikan.1 Muharram juga dapat dijadikan momentum muhasabah-perbaikan diri. Momentum Introspeksi diri, apakah keadaan kita saat ini sama dengan keadaan kemarin? yang berarti kita merugi atau sebaliknya Keadaan hari ini lebih baik dari kemarin yang berarti kita beruntung, juga sebagai momentum untuk menghitung segala kebaikan maupun keburukan yang telah kita lakukan, sebagaimana disebutkan “Hitunglah dirimu sebelum dirimu dihitung”.

Semangat Tahun Baru Hijriah (1 Muharram 1434 H) saat ini seyogyanya menjadikan diri pribadi muslim menjadi pribadi yang optimis, yakin dengan pertolongan Allah SWT-berusaha dengan sungguh-sungguh dengan disertai doa, pribadi yang bermanfaat dilingkungan tempat tinggal, pribadi yang tidak pernah takut melangkah menuju jalan kesuksesan hidup dan melangkah penuh perhitungan.

Sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2012/11/16/tahun-baru-hijriah-mengapa-508733.html

Pos ini dipublikasikan di INFO TERBARU, INSPIRASI dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s