MUTASI GURU: Pemindahan ke Tingkatan Sekolah Lebih Rendah Tak Perlu Jadi Masalah

SOLO – Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta, M Furqon Hidayatullah menilai pemindahan guru untuk mengajar di sekolah yang tingkatannya lebih rendah tak perlu jadi masalah. Ini karena kebutuhan guru harus dipetakan sesuai dengan kebutuhan.

“Kalau permasalahannya ada guru yang berlebih opsinya ada dua. Pindah daerah atau turun mengajar ke sekolah yang lebih rendah tingkatannya. Soalnya kalau tidak diratakan konsekuensinya tidak ada tunjangan sertifikasi dari pusat,” terang dia saat dihubungi Solopos.com.

Menurut Furqon, guru SMP dan SMA yang akan mengajar di SD perlu diberikan pembekalan-pembekalan terlebih dahulu. “Yang menjadi masalah mungkin psikologis guru yang akan dipindah. Ada semacam anggapan bahwa mengajar di SD atau TK itu levelnya lebih rendah. Padahal tidak, mengajar di manapun itu mulia,” imbuh Furqon.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah negara tidak dirugikan dengan penumpukan guru di SMP dan SMA. Sedangkan di tingkat yang lebih bawah seperti guru sekolah dasar masih banyak kekurangan guru. “Saya contohkan seperti program Indonesia Mengajar. Itu kan juga tidak harus linier bidang ilmunya. Mereka terdesak karena faktor keterpaksaan karena di daerah tidak ada guru,” tandas Furqon.

Sumber: Solopos.com, 21 Mei 2012

Pos ini dipublikasikan di INFO TERBARU, TUNJANGAN PROFESI dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s