Pengamat: Sekolah Abaikan Pendidikan Moral

MALANG — Pengamat sosial Universitas Muhammadiyah Malang, Rinekso Kartono, mengatakan pendidikan moral dan etika dalam beberapa tahun terakhir mulai terabaikan dari pelajaran sekolah.

“Sekarang ini sekolah-sekolah, terutama sekolah umum, hanya fokus untuk mengejar prestasi akademik. Pendidikan soal etika dan moral terabaikan,” kata Rinekso, di Malang, Senin.

Akibatnya, kata dia, anak didik secara perlahan mulai mengalami disfungsi sosial maupun etika. Mereka juga mulai berani menabrak etika dan norma-norma agama maupun masyarakat.

Rinekso mengakui pendidikan moral dan etika memang bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru di sekolah. Keberadaan dan contoh dari orang tua maupun lingkungan juga ikut berperan dalam memmbentuk sikap serta karakter anak.

”Namun demikian, pendidikan yang diterapkan di sekolah saat ini sangat jauh berbeda dengan proses dan sistem pendidikan di era tahun 1980-an. Selain mengejar prestasi akademik, nilai-nilai etika dan moral juga menjadi target keberhasilan sebuah proses belajar,” katanya.

Proses belajar yang hanya mengejar prestasi akademik membuat anak-anak jenuh dan “berat”. Sehingga ketika ada kesempatan, mereka tidak lagi mampu mengontrol afektifnya. Mereka melampiaskan kejenuhannya mulai dari sekedar jalan-jalan di mal hingga nongkrong (hangout) di kafe-kafe.

Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara-republika.co.id
Pos ini dipublikasikan di PENDIDIKAN KARAKTER, PENELITIAN TINDAKAN KELAS dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pengamat: Sekolah Abaikan Pendidikan Moral

  1. faiqdzaki berkata:

    salam kenal. Blognya bagus sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s